Ada 1.400 Bakteri di Pusar!

Posted by agus ariefandy on Monday, 11 July 2011


Ada 1.400 Bakteri di Pusar!


JANGAN pernah sepelekan kebersihan pusar. Saat Anda jarang membersihkan pusar, maka semakin banyak bakteri yang berkembang di sana.

Setidaknya itu menurut peneliti dari University North Carolina Belly Button Biodiversity. Untuk pertama kalinya, studi menemukan sebanyak 1.400 bakteri yang mengendap dan berkembang di pusar manusia. Mereka bahkan menemukan 662 bakteri yang belum diketahui diyakini merupakan jenis bakteri baru.

Awalnya, para peneliti meminta 95 responden mengusapkan cotton bud sebanyak tiga kali ke pusar. Kotoran pusar yang berpindah ke cotton bud kemudian diperiksa oleh ahli mikrobiologi. Hasilnya, peneliti menemukan 80 persen dari 1.400 bakteri itu merupakan bakteri yang umumnya tidak membahayakan bagi kulit. Demikian seperti dilansir Dailymail, Senin (11/7/2011).

Tapi, banyaknya bakteri di pusar tergantung seberapa sering responden membersihkan pusarnya. Sebab, tidak ditemukan bakteri pada salah satu responden yang membersihkan pusarnya setiap hari. Berbeda dengan salah satu responden lain yang membiarkan 53 jenis bakteri berkembang di pusarnya karena jarang dibersihkan.

"Mungkin baru kami yang pertama kali melakukan penelitian ini, terutama saat setiap manusia memiliki pusar. Kami menyarankan agar Anda membersihkan pusar secara rutin, karena angka di atas merupakan jumlah bakteri yang sangat banyak," tutup pemimpin penelitian, Jiri Hulcr.

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/11/195/478542/ternyata-ada-1-400-bakteri-di-pusar


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya