Menyanyi Baik untuk Kesehatan?

Posted by agus ariefandy on Monday, 18 July 2011




Menyanyi Baik untuk Kesehatan? - Ibu saya suka menyanyi. Memasak, menjahit, menyapu, semua dijalani sambil menyanyi. Minimal bersenandung. Alhasil, saya pun ketularan suka menyanyi. Belakangan, setelah besar, saya ikut paduan suara dan iseng-iseng bikin grup vokal yang sering manggung di kampus-kampus.

Sekarang, setelah jadi ibu merangkap pecinta kerja, kegiatan menyanyi tetap saya lanjutkan dengan tujuan khusus: menyenangkan hati. Tepatnya menghilangkan stress, kejengkelan dan hal-hal sejenisnya.

Ternyata kebiasaan yang saya jalani ini baik untuk kesehatan! Menurut Dr. Mehmet C. Oz, menyanyi ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Ini dia:
1. Menurunkan tekanan darah. Ketika kita menyanyi, emosi surut dan itu mendorong tekanan darah ke posisi normal.
2. Meningkatkan hormon oxytocin yang mendorong rasa ‘cinta’ meningkat.
3. Membuat kita bernapas lebih mudah, terhindar dari sesak napas.
4. Menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga kita jadi lebih rileks.
5. Membantu proses pemulihan penderita stroke.
Bicara akan sulit dilakukan penderita stroke. Tetapi bergumam dan menyanyikan lagu akan sangat membantu memulihkan otot - otot bicara.

Nah, jadi mari kita mulai menyanyi. Lagu apa? Apa saja, yang penting membuat hati riang, bersemangat atau justru merasa lebih tenang.

Bagaimana dengan kualitas suara? Ah, itu tidak penting. Sepanjang Anda menyanyi, itu sudah baik. Gampang kan? Ayo kita menyanyi, Ibu! Ajak anak dan suami sekalian. Pasti ada manfaat yang terasa nanti.

sumber : http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/07/5-alasan-kenapa-menyanyi-itu-baik-untuk.html


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya