5 Trik Gaet Simpati Bos di Kantor

Posted by agus ariefandy on Wednesday, 13 July 2011




BANYAK cara meraih simpati bos. Tapi kali ini bukan sekadar cari muka, melainkan dengan menunjukkan performa kerja terbaik. Bagaimana saja kiatnya?

Kompetisi dalam dunia kerja memang senantiasa meninggi dari waktu ke waktu. Jika tidak memiliki kualifikasi yang mumpuni, maka Anda pun akan kelabakan dibuatnya. Nah, jika ingin bersaing sehat, jangan malu untuk menunjukkan potensi Anda di hadapan bos. Berikut ini 5 Trik Gaet Simpati Bos di Kantor yang dapat dijadikan referensi, seperti dilansir Idiva.

1. Jangan menyalahkan rekan

Sangat mudah untuk menyalahkan rekan lain ketika Anda melakukan sebuah kesalahan. Tapi sebaiknya hindari hal tersebut karena hanya akan membuat situasi memburuk. Akuilah ketika Anda memang melakukan kesalahan dan mintalah atasan untuk memberikan masukan bagaimana seharusnya Anda melakukan pekerjaan tersebut dengan benar untuk ke depannya. Cara ini jauh lebih bijak sekaligus memperkaya diri sendiri dengan belajar bertanggung jawab terhadap kesalahan yang Anda lakukan.

2. Tunjukkan perilaku terbaik Anda

Atasan mungkin tidak memercayai Anda dengan sebuah proyek besar yang dimiliki perusahaan, sehingga Anda harus mencari cara lain untuk membuktikan diri bahwa Anda layak untuk meng-“handle” proyek tersebut. Cara cerdas yang dapat Anda lakukan adalah tetapkan komitmen untuk pekerjaan Anda. Tunjukkan performa terbaik Anda di kantor dengan tidak melakukan hal-hal yang membuat penilaian Anda tercoreng. Gunakan istirahat siang Anda dengan lebih singkat dari biasanya dan menghindari perbincangan tidak penting dengan rekan lain untuk sekadar bergosip sejenak sekalipun. Terakhir, jangan menggunakan waktu kerja dengan hal tak berguna lain, seperti membuka Facebook, youtoube, bermain game atau berselancar di situs yang tidak penting. Intinya, jangan biarkan waktu berlalu tanpa Anda gunakan untuk menunjukkan performa terbaik Anda di kantor.

3. Sisipkan pujian

Ini tidak berarti Anda mesti menjilat atasan. Yang perlu dilakukan adalah jangan memberikan pujian yang tidak perlu atau hanya menyulut amarahnya. Batasi pujian Anda dan sebaliknya layangkan pujian secara spesifik, misalnya ketimbang mengatakan bahwa dirinya sangat mahir dalam memberikan presentasi, katakan saja bahwa Anda sangat menyukai caranya memaparkan sebuah permasalahan dan kemudian menerangkan solusinya secara sederhana.

4. Perbaharui diri dengan keterampilan ekstra

Luangkan waktu khusus untuk memperbaharui diri Anda terkait dengan profesi yang Anda jalani. Pelajari keterampilan baru yang mungkin berguna dalam pekerjaan Anda. Lalu secara sederhana menampilkan keterampilan tersebut pada rekan-rekan Anda. Dengan memenangkan hati rekan-rekan dan kemudian bos melihat maka dia akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan. Meski demikian, sangat tidak disarankan untuk bersikap show off karena hal tersebut hanya akan menjadi bumerang bagi Anda.

5. Lakukan tugas sebaik mungkin

Ketika akhirnya sang bos memberikan kepercayaannya, pastikan Anda tidak mengacaukan kepercayaannya tersebut begitu saja. Pilihlah tugas Anda secara rinci dan hati-hati. Pastikan tugas yang Anda kerjakan membuat kemampuan Anda tereksplorasi secara maksimum dan tidak memberatkan. Lakukan pula penelitian yang memadai dan mintalah senior Anda untuk memberikan petunjuk. Setelah itu, bagilah tugas dalam sejumlah tugas kecil dan tetapkanlah tenggat waktu untuk masing-masing tugas tersebut dan bersiaplah bekerja ekstra guna menciptakan hasil besar yang memuaskan.

Semoga Bermanfaat. 
sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/12/198/479015/5-trik-gaet-simpati-bos-di-kantor


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya