Berkah Bisnis Tajilan Dibulan Ramadhan

Posted by agus ariefandy on Sunday, 17 July 2011


Bulan Ramadhan adalah Bulan penuh Berkah. Banyak Berkah yang diberikan ALLAH SWT pada Bulan Ramadhan.  Disamping Berkah dari Pahala yang berkali lipat, Berkah Rizkipun banyak dicari oleh para pebisnis, dari pebisnis dengan modal besar maupun pebisnis bermodal kecil ataupun sedang.

Salah satu bisnis kecil yang ramai pada Bulan Ramadhan adalah Bisnis Tajilan. Anda pasti banyak menemui orang yang berjualan Tajilan(makanan berbuka puasa). Dari jenis Tajilan yang disuguhkanpun berbagai macam jenis nya, dari gorengan, kurma, es buah, sup buah, es kelapa muda, dan lain sebagai nya.

Bagi anda yang memiliki jiwa bisnis tapi hanya memiliki modal kecil,inilah saatnya peluang  bagi anda untuk merealisasikan ide-ide Bisnis Tajilan Anda. Kalopun kalo nanti nya kurang laku, anda bisa mencari untung lewat tabungan masa depan atau akhirat yaitu Pahala. Kan memberi makanan kepada orang yang berpuasa Pahala nya Insya Allah sama dengan orang yang berpuasa.

Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”[1]

Al Munawi rahimahullah menjelaskan bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh jadi dengan makan malam, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air.[2]   

Tapi kita harus tetap optimis untuk bisa meraih keuntungan finansial dari Bisnis Tajilan yang akan kita Jalani, kan tujuan utama Anda adalah mencari untung(uang).  Nah, Jika Anda tertarik memulai bisnis di bulan Ramadhan, sebaiknya persiapkan sejak sekarang. Waktu tiga minggu sebelum Bulan Ramadhan, dinilai Lyra Puspa, pendiri mentoring bisnis UKM, Pillar, cukup tepat untuk menyiapkan berbagai kebutuhan.

Dimulai dari modal yang Anda miliki, Anda sudah bisa menentukan jenis usaha yang tepat sesuai segmen yang menjadi sasaran. Begitu pun dengan variasi jenis makanan yang sesuai dengan selera pasar.

Selanjutnya hitung biaya investasi awal, tingkat harga jual sesuai dengan segmen pasar, dan buatkan skema permodalan usaha.

Anda memiliki waktu satu minggu untuk menjalankan tahap awal ini.

Langkah selanjutnya Anda harus mencatat segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk memulai Bisnis Tajilan Anda.

Setelah semua kebutuhan sudah lengkap,jangan lupa promosikan Bisnis Tajilan Anda kepada tetangga, sanak keluarga satu daerah, dan teman-teman. Di jaman yang sudah semakin canggih ini, kita sudahlah sangat mudah mempromosikan Bisnis kita. Bisa lewat jejaring sosial, sms, BBM,dan jangan lupakan cara manual yaitu promosi dari  mulut ke mulut. Hee.

Peluang bisnis Ramadhan semakin dekat waktunya, persiapkan dalam tiga minggu menjelangnya. Selamat berbisnis!


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya