Argentina Buktikan Ketangguhannya

Posted by agus ariefandy on Tuesday, 12 July 2011




Argentina Buktikan Ketangguhannya kepada publik dengan kemenangan telak 3-0 atas Kosta Rika pada partai pamungkas penyisihan Grup A Copa America, Selasa (12/7/2011).

Sergio Batista melakukan perubahan signifikan di lini depan dengan mengandalkan Lionel Messi Messi, Gonzalo Higuain Higuain, dan Sergio “Kun” Aguero. Sementara Carlos Tevez dan Ezequiel Lavezzi, yang pada dua laga sebelumnya menjadi starter diisitirahatkan di bangku cadangan.

Perubahan ini terbukti ampuh, meski Messi memang masih mandul. Tapi, Messi lah menjadi inspirator kemenangan Albiceleste yang meraih kemenangan telak berkat gol Aguero (45’ & 53’) dan Angel Di Maria (64’).

Argentina yang mendapat sorotan lantaran hasil negatif di dua laga sebelumnya, tampil menekan sejak menit awal. Serangan pertama terjadi ketika laga baru berjalan dua menit, puluhan ribu suporter Albiceleste tertegun bersorak ketika tendangan Higuain nyaris merobek gawang Moreira. Sayang, bola masih melebar di tiang gawang.

Selang beberapa menit aksi individu Messi mengancam gawang Kosta Rika. Sayang, tendangannya dari kotak penalti masih melebar. Penampilan atraktif terus diperagakan anak-anak asuh Sergio Batrista. Kerja sama apik Higuan dan Aguero pun hampir saja memecah kebuntuan andai tendangan Pipita (julukan Higuain) tak melebar di tiang gawang.

Barisan belakang Kosta Rika dibuat kocar-kacir dengan serangan spartan yang dilancarkan trio Higuain, Aguero dan Messi. Namun, publik di Estadio Mario Alberto Kempes harus menunggu hingga injury time babak pertama untuk menanti gol tercipta.

Adalah Aguero yang akhirnya sukses merobek jala Moreira memanfaatkan bola rebound Fernando Gago yang tak diselematkan dengan sempurna oleh Moreira.

Pola menyerang masih menjadi andalan Albiceleste yang akhirnya menggandakan keunggulan di menit 53. Messi menjadi aktor di balik gol yang dibukukan Aguero.

Umpan Messi dari luar kotak penalti langsung dimanfaatkan Aguero yang lolos dari jebakan off side. Tambahan gol ini kian meningkatkan kepercayaan diri Albiceleste.

Tendangan kaki kiri Di Maria saat meneruskan umpan Messiah membuat Albiceleste makin unggul.

Batista baru melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Javier Pastore menggantikan Higuain dan Lavezzi mengisi posisi Aguero.

Kosta Rika nyaris tanpa peluang, sementara Argentina terus menggedor pertahanan tim besutan Ricardo La Volpe. Kemenangan 3-0 ini meloloskan Argentina ke babak berikutnya, finis sebagai runner up Grup A dengan nilai 5, selisih dua poin di bawah Kolombia.

Susunan Pemain
Argentina: Romero, N. Burdisso, G. Milito, Zabaleta, Zanetti, Mascherano, Gago, Di María, Messi, Aguero, Higuaín
Kosta Rika: Moreira, Duarte, Mora, Leal, Acosta, Salvatierra, Calvo, Cubero, Elizondo, Martínez, Campbell

sumber : http://bola.okezone.com/read/2011/07/12/51/478726/argentina-bungkam-kritik


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya