Telur Ampuh Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker?

Posted by agus ariefandy on Saturday, 16 July 2011


Telur Ampuh Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker - TELUR ternyata tak nikmat untuk disantap, tapi juga berkontribusi positif bagi kesehatan tubuh. Apa benar?

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa kandungan gizi dalam telur sebagai sumber protein sangat baik untuk tubuh. Tapi di luar itu, ragam manfaat yang ada di baliknya tak banyak terungkap. Berdasarkan sebuah penelitian baru ditemukan bahwa telur ternyata lebih baik karena sifat antioksidan yang dimilikinya lebih banyak dua kali lipat dari apel, seperti ditulis Times of India.

Secara umum, telur dikenal sebagai sumber protein, lipid, vitamin, dan mineral. Pada perkembangannya, para peneliti di University of Alberta menemukan bahwa telur pun mengandung antioksidan yang ampuh mencegah penyakit jantung dan kanker.


Jianping Wu, Andreas Schieber dan mahasiswa pascasarjana Chamila Nimalaratne dan Daise Lopes-Lutz dari UA Departemen Pertanian dan Ilmu Pangan Gizi mencoba memeriksa kuning telur yang dihasilkan ayam yang diberikan diet khas terutama gandum atau jagung. Dari sana, mereka menemukan bahwa kuning telur berisi asam amino, triptofan, dan tirosin yang memiliki sifat antioksidan tinggi.

Setelah menganalisis sifat tersebut, para peneliti menemukan bahwa dua kuning telur dalam keadaan mentah memiliki sifat antioksidan di mana jumlahnya lebih dari dua kali apel dan hampir sama dengan setengah porsi (25 gram) dari cranberries.

Namun ketika telur tersebut digoreng atau direbus, sifat antioksidan berkurang sekira setengahnya dan lebih sedikit berkurang jika dimasak dalam microwave.

”Penurunan ini cukup besar namun masih menyisakan jumlah antioksidan sama yang dihasilkan apel,” kata Wu.

Penemuan dua asam amino ini menandakan bahwa antioksidan dalam kuning telur sangatlah penting, kata Wu, seorang profesor pertanian makanan dan ilmu gizi.

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/15/195/480387/sebutir-telur-sehari-bikin-tubuh-sehat


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya