Tips Singkirkan Bau Badan

Posted by agus ariefandy on Thursday, 18 August 2011


Masalah bau badan bisa mengganggu siapa saja, termasuk Anda. Wilayah Indonesia yang panas disertai kelembaban yang tinggi akan memperparah kondisi bau badan seseorang. Bau badan bisa membuat seseorang tidak percaya diri dan menjauh dari orang lain karena bau yang mengganggu. Bila Anda selama ini sudah mencoba berbagai deodorant tetapi bau badan masih mengganggu, Anda bisa mencoba 9 cara dalam artikel ini.

1. Mandi

Menurut Kenzo Sato, MD, salah seorang profesor dermatologi di University of Iowa, daerah ketiak dan pangkal paha adalah area yang paling rawan akan masalah bau badan. Ketika tubuh mulai berkeringat, maka bakteri akan dengan senang hati berkembang biak lalu menebarkan aroma yang tidak sedap. Jika Anda membersihkan daerah tersebut dengan mandi dua kali sehari, itu cukup untuk menghentikan kerja bakteri penyebab bau badan. Anda bisa memakai sabun deodorant untuk dua area tersebut.

2. Jangan Memakai Baju Yang Sama

Anda sudah mandi dua kali sehari dan masih mengalami masalah bau badan? Anda harus melirik kebiasaan Anda, barangkali Anda masih sering memakai pakaian yang sama (tanpa dicuci) berulang kali. Bakteri yang tertinggal pada pakaian Anda, terutama di daerah ketiak akan meninggalkan bakteri dan akan memperparah kondisi bau badan Anda. Jangan memakai pakaian yang sama sebelum dicuci, terlebih lagi jika pakaian Anda telah ternoda oleh keringat. Beri perhatian lebih pada bagian ketiak pakaian saat mencuci agar semua bakteri dan bau yang tertinggal hilang.

3. Pilih Bahan Pakaian Yang Nyaman

Jika Anda mudah berkeringat atau harus beraktivitas di daerah yang panas, maka pilih pakaian yang nyaman dengan bahan yang mudah menyerap keringat Anda. Jika Anda memaksakan diri memakai pakaian keren tetapi tidak menyerap keringat, ini akan berbahaya karena keringat yang tidak segera terserap akan membuat bakteri penyebab bau badan tumbuh subur. Pilih katun dan linen adalah pilihan kain yang disarankan. Jika pakaian Anda sudah basah oleh keringat, segera ganti. Membawa baju ganti akan lebih aman sekalipun terlihat sedikit merepotkan. Tetapi ini lebih baik daripada Anda menebar bau badan sepanjang hari.

4. Samarkan Bau Dengan Aroma Pinus

Anda takut dengan efek deodorant yang masih belum pasti bagi kesehatan? Coba saja pakai sabun aroma pinus pada ketiak Anda. "Aroma pinus yang segar dapat menyamarkan bau badan Anda dan akan tercium lebih segar seperti aroma hutan," ujar Dave Petzal, editor lapangan majalah Stream. Jika Anda tidak terlalu suka dengan aroma pinus, Anda bisa memakai sabun gliserin, karena sabun ini akan memerangi aroma tubuh yang tidak enak. Sabun gliserin tidak meninggalkan aroma apapun, sehingga Anda bisa memakai parfum setelahnya (tetapi jangan memakai parfum di daerah ketiak!).

5. Cuci Bersih Seperti Cara Para Dokter

Kunci dari tubuh yang tidak bau adalah higienis, semua bakteri penyebab bau badan harus disingkirkan. Cara untuk tetap higienis dapat Anda tiru dari para dokter yang memakai pembersih anti bakteri untuk keperluan operasi. Tanyakan hal ini pada pihak apotek, biasanya mereka menjual pembersih ini. Anda bisa memakainya pada ketiak untuk melenyapkan bakteri penyebab bau badan di sana.

6. Perhatikan Apa Yang Anda Makan

Apa yang Anda makan, itulah yang diperoleh tubuh. Jika Anda suka makanan yang berbau menyengat, maka jangan heran jika beberapa saat kemudian tubuh Anda jadi lebih bau daripada biasanya. Lenise Banse, M.D, seorang ahli dermatologi dari The Henry Ford Hospital di Detroit mengatakan, "Protein dan minyak tertentu yang terkandung di dalam makanan akan Anda makan akan menghasilkan bau badan, misalnya ikan, bumbu kari, bawang dan sebagainya," Untuk itu, Anda perlu memilah makanan dengan bau yang menyengat. Bukan berarti Anda tidak boleh makan, pilih jam-jam yang tepat di mana jadwal Anda kosong dan tidak bertemu banyak orang.

7. Jangan Biarkan Iritasi

Iritasi akibat penggunaan deodorant atau aplikasi bahan tertentu pada bagian ketiak bisa memperparah kondisi bau badan Anda. Jangan memberi olesan apapun pada ketiak yang sedang iritasi dan terluka, konsultasikan hal tersebut pada dokter agar segera ditangani. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa mengoleskan krim antibiotik serta memakai pakaian dari bahan yang lembut. Dan jangan memakai kembali bahan yang membuat ketiak Anda iritasi, sekalipun mahal. Anda tentunya lebih sayang dengan kesehatan ketiak Anda bukan?

8. Tetap Tenang Dan Santai

Anda akan ujian atau mengikuti wawancara? Tetap tenang, karena jika Anda panik, Anda akan terserang stres. Jika Anda stres, bau badan Anda akan semakin parah. Tarik napas Anda dan buatlah diri Anda tenang, Anda pasti bisa menjalankan segala sesuatu dengan baik dan tenang. Jika sudah begitu, maka Anda bisa mengikuti ujian dengan nyaman. Sekaligus, peserta ujian/pewawancara tidak ikut terganggu dengan bau badan Anda.

9. Berendam Dengan Tomat

Terdengar konyol? Tidak juga. Mungkin Anda pernah mendengar cara ini dipakai untuk membebaskan binatang peliharaan dari bau yang mengganggu. Jika ini bisa bekerja untuk Anda, kenapa tidak dicoba? Bath up akan sangat membantu. Campur air bath up Anda dengan dua cangkir jus tomat alami (tanpa campuran apapun). Kemudian Anda bisa berendam di dalamnya selama 15 menit. Jika tidak ada bath up, oleskan jus tomat pada ketiak Anda selama 15 menit, lalu bilas dan keringkan dengan handuk kering.

Selamat mencoba, dan Anda bisa mengatakan selamat tinggal pada bau badan yang mengganggu.

sumber(pastienjoy)


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya