BlackBerry OS QNX Bisa Jalankan Aplikasi Android

Posted by agus ariefandy on Friday, 26 August 2011


Ada banyak kejutan baru yang akan dihadirkan Research in Motion (RIM) melalui berbagai ponsel terbaru BlackBerry yang akan segera hadir. Kejutan tersebut lebih dari sekedar sistem operasi baru.



Kejutan yang dihadirkan RIM ialah membuat akses pada sekira 250 ribu aplikasi Android yang bisa dijalankan pada perangkat ponsel terbaru dari BlackBerry. Hal ini terjadi berkat kerja sama inovatif yang dijalin antara RIM dengan Google.

Ide awal untuk mendatangkan Android pada BlackBerry dipelopori oleh perangkat tablet unggulan RIM saat ini, yaitu BlackBerry Playbook. Awalnya Android digunakan untuk mendukung 'App Player' yang memberikan pengguna akses untuk menghadirkan berbagai aplikasi melalui Android Market.

Seperti dikutip TG Daily, Jumat (26/8/2011), versi terbaru dari sistem operasi BlackBerry mobile disebut QNX dan ini juga merupakan modifikasi total dari intrface BlackBerry yang bertahan hingga satu dekade terakhir. 

QNX merupakan sistem operasi yang mendapatkan banyak pujian, bahkan dengan kemampuan multitasking yang kuat dan desain intuitif, membuat RIM siap bersaing dengan iPhone dan berbagai ponsel Android di pasar internasional.

Namun beberapa pengamat menyayangkan mengapa sistem operasi ini baru dimunculkan saat ini, meskipun QNX adalah OS yang menyegarkan dan bagus bagi RIM, tapi RIM masih dinilai gagal bersaing dengan para pesaingnya.

Penggunaan perdana sistem operasi QNX di BlackBerry, diharapkan akan meraih sukses pada tahun 2012 dan mungkin ini kesempatan terakhir RIM untuk tetap bertahan dalam menghadapi persaingan smartphone saat ini.

Kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android pada perangkat BlackBerry, merupakan sebuah langkah besar dalam meningkatkan penjualan Blackberry di tahun depan dan mencapai tujuan yang disebutkan di atas.
sumber(Okezone)


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya