Inilah Alasan Mengapa Kanguru Melompat

Posted by agus ariefandy on Tuesday, 23 August 2011


Salah satu hewan khas asal Australia Kanguru selain dikenal sebagai binatang yang menggemaskan, juga karena kemampuannya melompat saat berpindah tempat. Beberapa peneliti pun mencoba mengungkap mengapa mamalia darat ini melakukan kemampuan tersebut.




Menurut para peneliti, Kanguru membentuk posisi yang penting dalam pohon kehidupan, tetapi sampai sekarang DNA mereka belum pernah diurutkan. 

Sebuah konsorsium peneliti internasional pun mencoba mengurutkan gen kanguru, termasuk dari spesies walabi tammar, dan menemukan data tersembunyi dalam gen yang mungkin bertanggung jawab atas karakteristik kanguru itu melompat.

"Proyek identifikasi gen tammar walabi telah memberikan kita banyak kemungkinan untuk memahami bagaimana kanguru berbeda dengan jenis marsupial lainnya," kata Prof Marilyn Renfree dari The University of Melbourne, seperti dilansir Science Daily, Minggu (21/8/2011).

Walabi Tammar memiliki banyak karakteristik biologis menarik. Misalnya, usia kehamilan 12 bulan meliputi periode 11 bulan mati suri di dalam rahim. Saat lahir, Kanguru muda beratnya hanya setengah gram, dan menghabiskan 9 bulan dalam kantong ibu, di mana bayi yang baru lahir berada untuk perlindungan. Para peneliti berharap bahwa urutan gen akan menawarkan petunjuk tentang bagaimana gen walabi tammar mengatur dalam kehidupan kanguru.

Mereka juga mengidentifikasi, gen khusus inilah yang membuat kangguru melompat dan melakukan perilaku lain yang tidak dilakukan mamalia umumnya.

Kesimpulan yang didapatkan sementara dari para ilmuwan tersebut menekankan bahwa gen dari spesies walabi tammar, yang menjadi faktor utama mengapa kanguru, yang juga hewan ikonik Australia itu melompat.

sumber(Okezone)


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya