5 Golongan Penghuni Neraka

Posted by agus ariefandy on Sunday, 21 August 2011


Jika pada beberapa waktu lalu admin share artikel tentang "3 Golongan Penghuni Surga", Kali ini admin akan share tentang "5 Golongan Penghuni Neraka". Mau tau??? Langsung aja disimak...


Rosulullah SAW bersabda, 
“...Sedangkan ahli neraka ada lima golongan yaitu: orang lemah yang tidak peduli sesamanya, para pengkhianat, penipu yang memperdaya keluarga dan harta orang lain, kikir dan pendusta, serta orang yang berakhlak tercela”(HR.Muslim)

Adapun 5 golongan penghuni neraka hampir semuanya adalah kebalikan sifat-sifat penghuni surga bahkan lebih banyak lagi, yaitu :

Golongan pertama, orang lemah yang tidak mempunyai daya untuk menjaga dirinya dari terjerumus kedalam kemaksiatan. Mereka tidak berusaha untuk melakukan amal-amal shaleh dan ketakwaan lainnya. Golongan ini merupakan golongan manusia yang paling jelek, karena mereka tidak mempunyai usaha untuk sukses di dunia dan akhirat, cita-citanya hanya seputar perut dan kemaluan.

Golongan kedua, para pengkhianat yang merusak persatuan umat dan menjadi penyebab kegagalan dalam sebuah perjuangan. Sebagian ulama salaf berkata, “Kami membicarakan tentang penghuni neraka, diantaranya adalah pengkhianat yang tidak takut kepada Allah.”

Golongan ketiga, para penipu yang pekerjaannya siang dan malam memperdaya orang lain, keluarga dan hartanya. Menipu merupakan salah satu sifat munafik, sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam beberapa surat yang panjang, karena munafik adalah sebuah penyakit dan sifat yang sangat berbahaya. Karena karakternya adalah menampakkan kebaikan, padahal yang ada dalam benaknya dan apa yang direncanakannya adalah kejahatan yang membinasakan.

Golongan keempat, pembohong dan orang bakhil. Keduanya merupakan embrio dari sifat tamak, yang berarti mengambil harta orang lain yang bukan haknya, sedangkan seorang yang bakhil berusaha menguasai harta miliknya secara berlebihan.

Dari sifat tamak ini pula, muncul sifat-sifat lain seperti pembohong, tipu daya dan mengkhayalkan sesuatu yang bukan haknya. Sehingga ia ingin mendapatkannya walau dengan jalan haram. Rosulullas SAW bersbda, “Sesungguhnya kebohongan itu mendorong seseorang untuk berbuat dosa dan perbuatan dosa itu mendorong seseorang masuk neraka”. (HR. Bukhari)

Orang serakah dan tamak tidak akan pernah puas dengan semua harta dunia, persis sebagaimana api membakar semua bahan bakar yang diberikan.

Golongan kelima, orang yang berakhlak tercela. Di dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim dikatakan dari Aisyah Ra, Rosulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seburuk-buruk orang pada hari kiamat di sisi Allah adalah siapa yang ditinggalkan oleh manusia lain (di dunia) karena mereka takut akan bahaya perbuatannya.”

Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi SAW bersabda, “Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman. Ditanya: Siapa ya Rosulullah? jawab Nabi, “Ialah orang yang tidak aman tetangganya dari gangguannya.” (HR. Bukhari - Muslim)
sumber(zakatinfak)


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya