Terong Belanda dan Manfaatnya

Posted by agus ariefandy on Thursday, 9 June 2011


Terong Belanda dan Manfaatnya


Terong belanda salah satu buah kesukaan saya yang wajib beli kalau lagi Pulang Mudik lewat Darat. Kalau di Sumatera Barat, terong belanda ini banyak di temui di sepanjang jalan lintas Sumatera di daerah Solok, kalau disana namanya Taruang Perus .

Terong belanda hidup didaerah pegunungan yang berudara sejuk seperti Bogor kali ya kalau di Pulau Jawa. Nah kemaren, teman hidup saya lagi beli buah, karena stok di kulkas sudah menipis dan dibelilah salah satunya terong belanda, secara tau saya suka ini dan jarang-jarang nemuinnya. Kalau menurut saya rasa terong belanda ini nano-nano, ada asam, getir, sedikit manis tapi lebih dominan rasa asamnya.

Cara makan terong belanda yang paling seru menurut saya adalah dengan cara dihisap,
jadilah namanya terong belanda hisap. Caranya : Terong belanda diputer-puter diantara dua telapak tangan, atau diremas-remas dulu dalam genggaman sampai terasa empuk, gigit bagian ujungnya (kalau yang ga mau kelihatan norak, bolehlah dipotong pakai alat potong seperti pisau, gigi kan juga termasuk yaa), seruput deh daging buahnya yang sudah hancur. Warna daging buah yang sebelumnya berwarna kuning ke orange kalau sudah hancur berwarna  merah darah jadi kalo makannya belepotan kayak vampire (ini adanya di film Barat) deh  hehehe. Rasanya asem tapi segerr.

Cara kedua dibuat jus.

1. 6 buah terong belanda pisahkan dari kulitnya (biar mudah remas-remas dulu ditangan biar kulitnya mudah lepas dari daging buahnya)

2. satu buah jeruk manis, peras, ambil airnya

3. satu sendok madu

4. es batu secukupnya

5. air mineral setengah gelas biar tidak terlalu kental.

6. Blender semua bahan sampai halus, saring biar biji yang tidak halus terpisah.

Cara menghidangkan : Tuang  ke gelas saji, boleh ditambah susu bagi yang suka, minum dalam keadaan dingin. (untuk 3 porsi).

Terong belanda ini juga kaya manfaat :

1. Kaya provitamin A, bagus untuk kesehatan mata.

2. Kaya vitamin C, bagus untuk mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Kaya mineral seperti potasium, fosfor dan magnesium yang baik untuk tubuh.

4. Kaya serat, bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit.

5. Mengandung antosianin, termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan.

Bagi yang masih belum suka juga mengkonsumsi terong belanda dalam bentuk jus, silahkan konsumsi dalam bentuk sirup dan ini dapat dicari di Supermarket terdekat.

sumber : http://ysalma.wordpress.com/2010/05/28/terong-belanda-dan-manfaatnya/


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya