Gerhana Bulan Tampak di Jakarta

Posted by Unknown on Thursday 16 June 2011


Gerhana Bulan Tampak di Jakarta


Bagi Anda yang belum terlelap, ada baiknya menyaksikan fenomena alam, gerhana bulan. Gerhana bulan tampak jelas terlihat dini hari ini. 

Dalam penglihatan okezone pukul 01.50 WIB, tiga perempat bagian dari bulan mulai tertutup. Nantinya gerhana bulan total akan terjadi sekira pukul 04.00 WIB. 

“Bulan pada saat itu akan gelap karena tertutupi bayangan bumi,” ujar peneliti Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin kepada okezone. 

Sementara itu, Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam dan Sosial Andi Arief menyebut gerhana terjadi mulai pukul 00.25 WIB-05.29 WIB. 

Profesor Thomas menjelaskan gerhana bulan kali ini bisa dilihat secara kasat mata, mengingat keadaan iklim saat ini lebih kering ketimbang pada Desember nanti.

Dia juga mengatakan bahwa gerhana dapat dilihat dari hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali wilayah Timur Indonesia, Papua, tak bisa menikmati proses terakhir dari gerhana karena bulan sudah terbenam.

"Untuk melihat gerhana besok bisa dilihat dengan kasat mata atau tanpa alat, tapi jika ingin menikmati proses dari awal hingga terakhir lebih detail menggunakan teleskop,” jelasnya. 

sumber : http://news.okezone.com/read/2011/06/16/337/468903/lihat-gerhana-bulan-tampak-di-jakarta


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya