Tips Saat Wawancara Kerja

Posted by agus ariefandy on Monday, 27 June 2011


Tips Saat wawancara kerja


JIKA pernah diwawancarai, Anda mungkin pernah mendapatkan permintaan "ceritakan tentang diri Anda." Kebanyakan pelamar membencinya, karena mereka tidak tahu bagaimana harus menjawab.

Secara logis, pewawancara tidak tahu apa-apa tentang Anda. Jadi sebenarnya, Anda punya keleluasaan menjawab.

Makna pertanyaan

Setiap kata yang diucapkan seseorang kerap punya makna tersirat (seperti ketika seorang gadis mengatakan, "kita harus putus, terserah kamu" bisa jadi maknanya "aku punya cowok lain"). Ini juga dilakukan para pewawancara.

Mereka menanyakan pertanyaan yang sama dengan cara berbeda, seperti ketika ia meminta Anda mendeskripsikan diri, dia sebenarnya ingin bertanya, "mengapa saya harus mempekerjakan Anda?".

Cara menjawab pertanyaan

Sebelum wawancara, buatlah daftar kualitas dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan untuk posisi yang ditawarkan, kemudian berikan contoh spesifik bagaimana Anda memiliki sifat-sifat tersebut. Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah orang yang mereka butuhkan.

Sebaiknya, seperti dilansir Galtime, Anda tidak hanya mengandalkan kata-kata karena orang akan mudah melupakannya. Kata-kata hanya 10 persen dari komunikasi kita sementara suara—cara Anda menyampaikan kata-kata—merepresentasikan 20-25 persen, dan yang terbesar 65-70 persen adalah gambar dan bahasa tubuh.

Karena orang percaya pada apa yang mereka lihat, maka Anda harus memberikan gambaran bagaimana keterampilan Anda mampu memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang meyakinkan.

Misalkan Anda wawancara untuk posisi asisten administrasi, dengan tanggung jawab termasuk menjawab telepon, menerima pesan, dan sebagainya, cara paling efektif adalah menceritakan pengalaman kerja Anda.

Jawaban "Saya bisa menjawab telepon, menerima pesan, dan melakukan panggilan dengan baik" akan mudah dilupakan. Lebih baik, berikan jawaban lebih rinci yang menggambarkan lebih banyak kemampuan Anda.

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2011/06/27/198/473259/pertanyaan-paling-ditakuti-saat-interviu


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya