New York Sahkan Pernikahan Gay

Posted by agus ariefandy on Saturday, 25 June 2011


New York Sahkan Pernikahan Gay


NEW YORK - Senat New York, Amerika Serikat (AS) meloloskan pernikahan sesama jenis. Keputusan ini tentunya disambut gembira oleh kalangan homoseksual AS, khususnya di New York.

Keluarnya keputusan ini menasbihkan New York sebagai negara bagian keenam di AS yang mengizinkan pernikahan sejenis secara resmi dan dirayakan layaknya pasangan normal.

Kelompok aktivis pembela hak kaum homoseksual mengharapkan keputusan ini dapat memicu negara bagian lain untuk mengeluarkan kebijakan serupa. Ini menjadi kemenangan bagi kaum gay New York, yang pengesahan atas undang-undang ini ditolak pada tahun 2009 lalu.

Meskipun New York dianggap telat mengesahkan aturan ini, tetap saja hal ini dianggap penting. Besarnya ukuran New York serta reputasi internasional kota ini, seperti menjadi sebuah kemenangan bagi kaum homoseksual. Demikian diberitakan Associated Press, Sabtu (25/6/2011).

Pasalnya, di kota ini pula menjadi kelahiran pergerakan hak kaum gay. Pada 1967 silam, demonstrasi menuntut persamaan hak kaum gay di Greenwich Village memicu terjadi kerusuhan.

Pihak senat yang dikuasai oleh kubu Partai Republik sendiri memberikan suara 33-29 untuk meloloskan aturan baru ini. Sebelumnya Partai Demokrat yang mengeluarkan aturan serupa pekan lalu, diperkirakan akan mengeluarkan aturan yang lebih spesifik mengenai pernikahan sejenis ini.

Gubernur Andrew Cuomo memang telah menjanjikan untuk meloloskan aturan tersebut. Setelah 30 hari ditetapkan, pasangan gay di New York nantinya akan diperbolehkan untuk melakukan pernikahan secara resmi. 

sumber : http://international.okezone.com/read/2011/06/25/414/472660/new-york-sahkan-pernikahan-gay


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya