Ilmuwan: Evolusi Manusia Lebih Lambat dari Perkiraan

Posted by Unknown on Monday 13 June 2011


Ilmuwan: Evolusi Manusia Lebih Lambat dari Perkiraan


PARIS - Evolusi perkembangan manusia mungkin tiga kali lebih lambat dari dugaan semula. Demikian menurut sebuah penelitian pada perubahan genetik di dua generasi keluarga.

Kode genetik terdiri dari enam miliar nucleotide atau unsur DNA, setengah di antaranya berasal dari masing-masing orang tua. Teori yang umum mengatakan bahwa orang tua masing-masing menyumbang antara 100 sampai 200 perubahan pada nucleotide ini. Demikian seperti yang dikutip dari AFP, Senin (13/6/2011).

Akan tetapi penelitian terbaru mengatakan bahwa masing-masing orang tua hanya menyumbang rata-rata 30 perubahan. "Evolusi manusia ternyata tiga kali lebih lambat dari dugaan semula," ujar Phillip Awadalla dari University of Montreal, yang memimpin penelitian ini.

Penemuan ini diambil dari gen dua keluarga, masing-masing ibu, ayah dan anak mereka. Penelitian ini meski menggunakan sampel skala kecil namun bisa diterapkan dalam skala besar.

Penelitian tersebut juga menantang pemikiran; Perubahan DNA mayoritas didapat dari ayah atau dari ibu.

Di penelitian ini menguak bahwa pada keluarga satu, 92 persen perubahan gen didapat dari ayah. Sementara keluarga yang lain, hanya 36 persen perubahan gen berasal dari orang tua.

sumber : http://techno.okezone.com/read/2011/06/13/56/467551/ilmuwan-evolusi-manusia-lebih-lambat-dari-perkiraan


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya