Makan Buah, Jangan Buang Kulitnya!

Posted by agus ariefandy on Sunday, 19 June 2011


Makan Buah, Jangan Buang Kulitnya!


PERKATAAN nenek selalu benar, terutama dengan saran mengonsumsi apel setiap hari agar tetap sehat, tanpa mengupas kulitnya. Beberapa jenis buah juga memiliki kulit yang bermanfaat.

Penelitian menemukan kandungan asam ursolik yang terdapat pada kulit apel. Asam ursolik bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan otot, mengendalikan gula darah, dan kolesterol. Ternyata, bukan hanya kulit apel yang mengandung kandungan berpotensial.

Berikut ini beberapa buah dan kulit buah yang sayang jika dibuang, seperti diulas Shine.

Buah persik

Dengan mengonsumsi maupun menggosokkan buah persik ke wajah, kulit menjadi lebih bercahaya. Buah ini kaya potasium dan vitamin A yang membantu menyegarkan dan melembabkan kulit. Kulit buah persik dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, menghilangkan racun tubuh, menjaga kesehatan kulit, melindungi mata dari penyakit katarak, serta menurunkan risiko penyakit kanker, penyakit jantung, dan radang sendi.

Kulit buah persik juga dapat digunakan sebagai pembersih muka. Caranya, campurkan kulit buah persik dengan gula, lalu gosok-gosokkan lembut ke kulit wajah.

Jeruk nipis dan limau

Keduanya mengandung asam sitrat, yang dapat Anda manfaatkan untuk memoles perkakas yang terbuat dari kuningan, tembaga, dan logam tanpa besi. Tambahkan baking soda untuk hasil lebih baik.

Sementara untuk menghilangkan bau tak sedap di microwave, letakkan air yang telah diberi kulit jeruk nipis, lalu panaskan hingga 10 menit.

Jeruk

Salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi—disebut flavonoid—yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh adalah jeruk. Kandungan antioksidan jeruk bahkan 20 kali lebih kuat dalam kulitnya, ketimbang kita hanya meminum jusnya, menurut studi yang dilakukan di Amerika Serikat.

Pisang

Manfaatkan kulit pisang bagian dalam untuk memoles dedaunan yang terdapat di dalam rumah. Bukan hanya membuat daun-daun itu berkilau, tapi berguna juga sebagai pestisida dan penyubur alami. Sementara untuk membuat sepatu kulit tampak baru, manfaatkan juga kulit bagian dalam pisang untuk digosokkan di bagian luar sepatu.

Pisang juga kaya potasium dan antioksidan yang baik untuk kulit agar tetap lembut dan menyembuhkan luka lebih cepat jika digosokkan langsung di bagian kulit yang terluka. Gatal akibat gigitan nyamuk juga sembuh dengan hanya menggosokan kulit pisang. Peneliti di Taiwan menemukan bahwa ekstrak kulit pisang dapat meringankan depresi, karena kaya akan serotonin, bahan kimiawi yang membantu menyeimbangkan mood.

Kulit pisang juga bermanfaat untuk mata, terutama melindungi sel mata dari sinar UV yang berujung pada katarak. Rebus kulit pisang 10 menit, minum airnya atau masukkan buah pisang beserta kulitnya ke juicer dan minum jusnya.

Pepaya

Gosokkan kulit pepaya ke kaki agar kulit kaki lembut dan tumit tidak pecah-pecah. Pepaya kaya vitamin A dan papain yang mampu membersihkan kulit mati.

Kulit pepaya juga baik untuk masker. Gosokkan kulit pepaya dan biarkan 5 menit kemudian bilas. Hindari membiarkannya terlalu lama agar kulit tidak kering.

Kiwi

Kulit buah kiwi mengandung tiga kali antioksidan lebih baik dari buahnya, yang berguna untuk antikanker, antiradang, dan antialergi. Kiwi juga bermanfaat untuk menghilangkan kuman seperti stafilococus dan E-coli, yang umumnya meracuni makanan.

Delima

Jadikan kulit delima wewangian untuk kamar. Sebelumnya, keringkan hingga air buahnya hilang. Delima juga membantu mengobati diare. Caranya, rebus kulit delima dengan 1 batang kayu manis lalu minum setelah dingin. Ulangi sebanyak tiga kali.

Kentang

Kulit kentang mengandung gizi harian yang penting, di antaranya serat, potasium, zat besi, zinc, dan vitamin C. Panggang kentang beserta kulitnya, rebus, kemudian hancurkan untuk sarapan. Kentang juga baik untuk rambut–membantu mengurangi kemunculan uban secara alami. Caranya, rebus kulit kentang dalam air selama 30 menit dan dinginkan, gunakan air tersebut sebagai air bilasan rambut.

Alpukat

Kulit alpukat dapat dimanfaatkan sebagai serum kulit yang menakjubkan, kulit menjadi lembap dan lembut. Minyak alpukat juga kaya sterolin, yang membantu mengurangi timbulnya bintik hitam di kulit dan menyembuhkan kulit yang terbakar matahari. Caranya, oleskan bagian dalam kulit alpukat ke kulit dan biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas.

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2011/06/17/195/469718/makan-buah-jangan-buang-kulitnya


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya