Kurang Tidur Percepat Penuaan Dini 7 Tahun

Posted by agus ariefandy on Monday, 6 June 2011


Kurang Tidur Percepat Penuaan Dini 7 Tahun


HATI-HATI jika Anda kurang istirahat setiap hari. Selain bermasalah dengan kesehatan, kecantikan Anda pun akan terganggu.

Apakah Anda termasuk penderita insomnia sehingga tubuh Anda mengalami sedikit gangguan dengan urusan istirahat malam? Sebaiknya segera cari solusi, sehingga Anda dapat terbebas dari gangguan kesehatan dan kecantikan. Sebuah penelitian baru merilis bahwa pria dan wanita yang kurang tidur dari enam jam, maka cenderung mengalami penuaan diri antara empat sampai tujuh tahun.

Kurang tidur akan berdampak buruk terhadap kinerja, aktivitas dan konsentrasi kerja. Selain itu, durasi tidur yang kurang pun akan membuat berbagai kualitas kehidupan menurun, seperti fungsi sosial, kesehatan mental dan fisik, serta kematian dini, seperti ditulis laporan Journal Sleep dan dirilis Times of India.

“Hasil utama dari studi kami adalah bahwa perubahan negatif dalam durasi tidur akan berdampak pada fungsi kognitif, terutama pada usia lanjut dan menengah,” kata Jane Ferrie, peneliti di University College London Medical School, yang memimpin penelitian.

Para peneliti juga menemukan bahwa pada wanita, tidur selama tujuh jam akan terkait dengan nilai kognitif tertinggi yang dimilikinya, menurut pernyataan College Universtity.

Sementara pada pria, fungsi kognitif terkait dengan mereka yang tidur selama enam, tujuh dan delapan jam. Khusus untuk jangka panjang, maka jika tidur kurang dari ketentuan tersebut akan menghasilkan nilai kognitif yang rendah, seperti dinyatakan College University.

Studi ini menggunakan data dengan mengaitkan sekira 5.431 peserta, di mana 1.459 di antaranya wanita dan 3.972 pria dan dilakukan dari studi II Whitehall di tahap ke-5 (1997-1999) dan tahap ke-7 (2003-2004) yang mencakup lebih dari 10.000 staf kantor yang berbasis di London dan melibatkan mereka yang berusia 35-55 dan bekerja di 20 departemen pegawai negeri pada tahun 1985.


Meskipun para responden kebanyakan pekerja kerah putih, kelompok studi ini meliputi berbagai sosio ekonomi dengan perbedaan 10 kali lipat gaji di hierarki pekerjaan mereka. Dan dari sana, para peneliti menyimpulkan bahwa kualitas tidur yang baik sangat penting untuk fungsi organ manusia dan kesejahteraannya.

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2011/06/06/195/464930/kurang-tidur-percepat-penuaan-dini-7-tahun


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya