Barcelona Keluarkan Larangan Turis Perempuan Berbikini & Turis Pria Bertelanjang Dada

Posted by agus ariefandy on Wednesday, 1 June 2011


Barcelona Keluarkan Larangan Turis Perempuan Berbikini
& Turis Pria Bertelanjang Dada


REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA--Penduduk Catalan rupa-rupanya muak dengan turis yang berbaju minim. Benar saja, Pemerintah Barcelona pekan ini menerapkan aturan melarang penggunaan bikini maupun baju mimin lainnya di tempat umum, kecuali pantai dan kolam renang.

Menurut Pemda Catalan, aturan ini untuk membersihkan citra kota dan menghilangkan pemandangan tak senonoh di jalan-jalan kota yang baru saja gegap gempita meraih Piala Champions Eropa itu.

Pemda Catalan tidak sendirian. Aturan ini diusulkan oleh warga mereka. Warga dan pebisnis lokal sudah muak dengan turis yang seenaknya mengenakan baju minim mereka dan berkeliling kota.

"Sejumlah warga sangat terganggu dengan pemandangan turis berbikini berjalan-jalan atau pria bertelanjang dada di muka umum," kata salah satu anggota dewan kota Barcelona, Assumpta Escarp. "Kami harus menegakkan standar Catalan," sambung dia.

Polisi Barcelona yang kebagian menerapkan aturan etika ini. Polisi langsung menetapkan sanksi bagi turis yang tertangkap basah berbikini atau melepas bajunya di muka umum. Dendanya berkisar antara 120-300 euro bagi individu yang masuk kategori semibugil, dan 300-500 euro bagi individu yang nekat bugil.

Sementara tempat yang dikecualikan dari aturan ini adalah pantai dan jalan-jalan yang dekat pantai.

Ini bukan aturan etika berpakaian pertama yang diterbitkan pemda Barcelona. Tahun lalu, aturan agar turis berpakaian sepantasnya juga dikeluarkan bagi yang ingin mengunjungi sejumlah tempat wisataw terkenal, seperti Antoni Gaudi Sagrada Familia.

Sebagai sosialisasinya, pemda Barcelona menyebarkan 15 ribu brosur larangan ke turis di kota mereka. Aturan ini mulai berlaku Ahad mendatang.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8903389


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya