Tips Mengetik di Blackberry (BB)

Posted by agus ariefandy on Thursday, 26 May 2011


Tips Mengetik di Blackberry (BB) sepertinya jadi berita baik untuk anda yang gemar dengan fitur BBM. Karena ketika menggunakan Blackberry tidak sedikit waktu yang terpakai untuk melakukan pengetikan. Apalagi fitur unggulan BB seperti BBM dan Email tidak jauh dari kegiatan mengetik. Buat anda yang sering mengetik menggunakan PC , tentunya tidak asing dengan beberapa shortcut yang sering digunakan, misalnya Ctrl+C untuk copy dan lain sebagainya.

Tahukah anda? Blackberry sebagai ponsel pintar yang seharusnya dapat mengambil alih sebagian besar tugas komputer juga memiliki shortcut untuk memudahkan pengetikan anda.
Berikut beberapa shortcut yang bisa anda gunakan untuk mengetik :

1.      Untuk mengakhiri kalimat dengan tanda titik, tekan tombol spasi secara berurutan. Huruf berikutnya otomatis menjadi kapital atau huruf besar.

2.      Untuk mengetik huruf kapital di tengah kalimat, tekan huruf yang di maksud hingga huruf tersebut masuk kedalam ketikan.

3.      Untuk mengaktifkan NUMLOCK, tekan tombol Alt dan shift kiri. Akan muncul simbol NUM Lock di sudut kanan atas layar.

4.      Untuk mengaktifkan CAPS Lock, tekan tombol Alt dan shift kanan. Akan muncul simbol CAPS Lock di sudut kanan atas layar.

5.      Untuk menon-aktifkan NUM Lock & CAPS Lock, tekan salah satu tombol Shift.

6.      Untuk memasukkan karakter at (@) atau dot (.) ketika mengetikan alamat email, cukup tekan tombol spasi.

7.      Untuk melakukan seleksi satu baris ketikan, tahan tombol shift dan usap trackball /trackpad ke kiri atau ke kanan.

8.      Untuk melakukan seleksi ketikan per karakter, tahan tombol shift dan usap trackball /trackpad ke kiri atau ke kanan.

* Untuk membatalkan seleksi, tekan tombol escape.
* Untuk CUT ketikan yang di seleksi, tekan tombol shift dan delete.
* Untuk COPY ketikan yang di seleksi, tekan tombol Alt dan klik trackball/trackpad.
* Untuk Paste ketikan yang di CUT/COPY, tekan tombol shift dan klik trackball/trackpad.

Selain beberapa shortcut tersebut anda juga bisa mengetikan beberapa kata di bawah ini, yang akan secara otomatis di gantikan dengan informasi seputar perangkat Blackberry anda :

1.      Ketik ” myver ” tanpa tanda kutip, akan di gantikan dengan informasi Blackberry dan versi OS yang anda gunakan.
2.      Ketik ” mypin ” tanpa tanda kutip, akan di gantikan dengan informasi PIN BB anda.

3.      Ketik ” mynumber ” tanpa tanda kutip, akan di gantikan dengan informasi nomer ponsel yang di gunakan.

4.      Ketik ” LT ” tanpa tanda kutip, akan di gantikan dengan informasi waktu/jam sesuai dengan waktu perangkat BB anda.

5.       Ketik ” LD ” tanpa tanda kutip, akan di gantikan dengan informasi tanggal sesuai dengan waktu perangkat BB anda.

sumber : http://bbpin.info/tips-triks/tips-lengkap-mengetik-di-bb.html 


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya