waw.. Mobil Antik Listrik ini Seharga Rp4,7 Miliar

Posted by agus ariefandy on Thursday, 1 September 2011


NEW YORK - Columbia Electrik Landaulet lansiran 1899 tercatat sebagai salah satu mobil antik bertenaga listrik generasi awal.
 


Pada 1896 Kolonel Albert Pope menjadi produsen sepeda nasional terbesar di Boston Amerika Serikat dan ia berniat merintis jalan ke industri otomotif. Di akhir tahun, Pope menyelesaikan eksperimen kendaraan listrik.
 
Pada 1897 Pope merekrut Hiram Percy Maxim sebagai pemimpin perusahaan di pabrik divisi kereta bermotor dan pada 1899 lahirlah Columbia Electric Landaulet.
 
Mobil listrik ini dibeli dari koleksi Cedar Crossing James Cousen pada 2008. Columbia Electric Landaulet diyakini merupakan satu-satunya yang dibangun dengan dilengkapi atap yang dapat disetel dalam tiga cara.
 
Seperti layaknya kendaraan yang sudah berusia lebih dari 100 tahun, tentu saja akan sulit menemukan dokumentasi dan memerlukan langkah restorasi.
 
Columbia Electric Landaulet ini dijual oleh balai lelang RM Auction pada 19 Agustus 2011. Kendaraan berusia 112 tahun ini berhasil mencatatkan penawaran tertinggi yakni 550 ribu dollar AS atau sekitar Rp4,7 miliar.

sumber(Okezone)


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya