(no.7 & 8) Sepuluh Rahasia Kekuatan Mental

Posted by Unknown on Saturday 26 March 2011


7. Anda Bisa Menentukan Gagasan Anda


Mari kita mencoba eksperimen yang menyenangkan ini. Dimulai dengan membaca ketiga pemikiran ini :

-          “Persediaan keinginan saya selalu sama dengan kebutuhan saya.”
-          “Setiap orang mempunyai kekuatan mental yang siap digunakan.”
-          “Saya sanggup meraih hasil yang melebihi harapan.”

Kini anda mempunyai tiga bentuk gagasan yang bisa mengilhami cara berpikir dan membimbing tindakan Anda. Sebagaimana yang dikatakan filsuf Inggris John Locke, “Manusia mempunyai kendali penuh atas pikirannya.”

Yang harus kita lakukan adalah mendayagunakan kekuatan pengendalian pikiran tiu, seperti kita memilih kunci tertentu untuk membuka pintu.
Lakukan latihan disepanjang hari. Pilihlah salah satu yang disukai dari ketiga pemikiran itu, dan biarkan ia mengilhami Anda beraktivitas. Latihan ini akan menyegarkan Anda.

Bayangkan diri Anda dikelilingi balok kayu yang amat banyak, yang masing-masing diberi nomor dan ditulisi segala hal yang menjadi keinginan dan cita-cita Anda. Selanjutnya, pikirkan sesuatu yang Anda inginkan, mungkin kepercayaan diri yang tinggi, mungkin rasa aman, atau apa saja. Bayangkan diri Anda meraih balok apapun yang diperlukan guna mewujudkan keinginan. Balok demi balok Anda susun, dan Anda hanya tinggal berjalan mendatangi satu per satu balok-balok itu, sebab Anda mempunyai persediaan tak terbatas yang bisa diambil sesuka hati.

Pikiran manusia seperti itu. Ia berisi semua yang hal diinginkan, yang bisa diambil ketika dibutuhkan. Praktekkan ide ini. Anda akan semakin meningkatkan kemampuan memilih pemikiran-pemikiran yang bagus, tinggal menyebutkan saja.

Kemampuan dalam memilih pemikiran yang konstruktif merupakan rahasia ketujuh kekuatan mental.



8. Anda Memiliki Petunjuk Yang Pasti

Banyak orang dalam menjalani perjalanan hidup mereka tidak sabar untuk mencermati rambu panduan perjalanan. Mereka terus melaju, kebingungan, tidak tahu harus kemana, dan amat cemas. Mereka tidak sadar, ada rambu yang sudah pasti memandu mereka untuk tiba pada tujuan.

Berhenti, melihat, dan menyimak bukan hanya sikap yang harus diambil sewaktu melintas di jalan hidup, melainkan juga tindakan yang bagus dilakukan saat hendak meraih tujuan hidup.

Siapa pun sanggup menemukan prinsip-prinsip ini. Pikiran mampu menemukan apa yang dicarinya. Seperti yang dikatakan Orison Swett Marden :

Tak ada kajian yang lebih penting, tak ada tugas yang lebih berat dibebankan kepada diri kita dan tentang kita, selain pengendalian diri, pengendalian diri, yang berujung pada pengembangan diri. Mungkin karena pikiran tak dapat diraba, kebanyakan dari kita tak bisa mengontrolnya, ada anggapan bahwa pikiran begitu rumit dan sukar dipahami, yang menuntut kita untuk belajar keras, meluangkan waktu, dan membaca buku pengetahuan. Tak ada yang jauh dari kenyataan. Setiap orang, dalam diri mereka terdapat semua hal yang dibutuhkan, memiliki semua waktu yang diperlukan, untuk membentuk ulang kecerdasan alami, karakter, serta perilaku dan kehidupannya.

Pengamatan atas semua panduan yang pasti dan mengandung kekuatan merupakan rahasia kedelapan kekuatan mental.


Kembali ke halaman Utama


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya