(no.5 & 6) Sepuluh Rahasia Kekuatan Mental

Posted by agus ariefandy on Saturday, 26 March 2011



5.   Pikiran Mampu Mengendalikan Situasi

Marcus Aurelius, filsuf dan penguasa Roma, berpendapat, “Kebahagiaan hidup tergantung pada pikiranmu.”

Apabila kita jujur menghadapi fakta bahwa kita menciptakan keadaan kita, dengan mudah kita bisa menciptakan menciptakan keadaan yang kita inginkan.

Apakah itu hal yang ideal untuk didengarkan namun sulit didapat? Jika berpikir demikian, itulah kesalahan awalnya.

Seseorang, ketika berpikir demikian, tak boleh lupa bahwa dia berpikir dengan pikiran negative dan akhirnya dia pun hanya bisa berpikir dengan cara seperti itu.
Untungnya, apa yang dipikirkan oleh seseorang dengan cara yang keliru tak serta-merta demikian kenyataannya. Dan dalam hal ini memang tidaklah demikian!

Pemikir Ralph Waldo Emerson menjelaskan :
“kemenangan atas sesuatumerupakan  tujuan seseorang. Setiap orang adalah kekuatan baru di alam mini. Dia memegang kunci dunia di tangannya.”

Anda, pada hakikatnya, sanggup mengatasi semua masalah atau rintangan yang mengiringi hari-hari Anda. Dan bisa Anda alami dimana saja . bagaimana mungkin? Karena Anda senang; sebab kebahagiaan tidak tergantung pada pikiran di luar diri Anda. Kemanapun Anda pergi, Anda merasa tentram.

Kemampuan pikiran dalam mengendalikan keadaan merupakan rahasia kekuatan mental kelima.


6.   Kemampuan Pikiran Tak Terbatas

Pikiran orang tak terbatas;
Lalu kenapa sebagian besar orang hidup dalam keterbatasan? Mereka keliru menyadari bahwa apa yang sekarang mereka lihat adalah apa yang akan mereka lihat selamanya. Mereka kurang percaya bahwa esok hari akan sesukses bahkan lebih sukses dari saat ini. Dan selama seseorang mempunyai keyakinan seperti itu, dia tidak akan tergerak untuk menemukan potensi dahsyat yang dimiliki pikiran.

Orang yang sadar diri, yang memanfaatkan kekuatan mental, yang memahami pikiran, tahu apa yang dapat dia lakukan untuk kepentingan dirinya sekaligus tahu apa yang tak boleh dilakukan. Dia bebas dari lingkaran jahat segala kesulitan.

Yang diperlukan hanyalah pengetahuan diri. Itulah rahasia kekuatan diri yang tak terbatas.

Anda dan saya tidak perlu mencemaskan bahaya yang mungkin saja terjadi selama kita menjalani kehidupan. Begitu kita mengetahui kekuatan kita sendiri, kita tidak usah menghiraukan segala bahaya. Mereka tidak kuasa berbuat apa-apa kepada kita.

Kesadaran bahwa kekuatan pikiran tak terbatas merupakan rahasia keenam kekuatan mental.


Kembali ke Halaman Utama


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya