Bagaimana kita menemukan kebenaran yang membebaskan kita?

Posted by Unknown on Friday 25 March 2011


Bagaimana kita menemukan kebenaran yang membebaskan kita? Yang perlu kita sadari, kita sudah mengetahui kebenaran itu! Dilubuk hatinya orang tahu apa yang terbaik bagi dirinya. Namun sialnya, pikirannya menerima masukan yang keliru. Dia menciptakan ilusi atas realitas, serupa orang dalam terowongan yang menyeramkan. Jadi, kebenaran sirna karena salah informasi. Jadi kebenaran bisa menyelamatkan kita dari tipu daya, jika kita peduli. Setiap orang punya kemampuan mendengarkan kebenaran, asal dia harus bersedia menyimak.

Dr. David Seabury mengungkapkan:
Tak ada cara yang lebih hebat, lebih sederhana, atau lebih pasti dalam mengubah hidup anda daripada berhenti, melihat, dan mendengar, mencoba menjalani proses eksperimen pikiran anda. Di persimpangan pikiran, setiap belokan tajam dalam pengalaman benar-benar merupakan eksperimen. Berhentilah memikirkan segala hal secara sembrono; cermati situasi dengan tenang dan hati-hati; lalu simak. Simak dengan tenang, petunjuk yang dapat menghadirkan kesadaran anda. Apabila anda mencermati proses eksperimen, dan mendengarkan sejenak suara kehidupan, anda sangat terbantu.
Ini membawa kita pada rahasia dinamis keajaiban mental yang kita sebut Pandangan yang Cemerlang.

Pandangan yang Cemerlang

Prinsip yang mengatur semua kemajuan pribadi berbunyi seperti ini :
Sekali seorang melihat sekilas sesuatu yang lebih baik, tak ada yang sanggup mencegahnya untuk mendapatkannya. Sekali anda menyadari, atau menyangka, bahwa cara hidup yang lebih baik itu ada, maka cara hidup tersebut secara praktis sudah anda miliki. Satu-satunya hal yang menghalangi seseorang menemukan dunia yang lebih kaya adalah ketidaksadarannya atas keberadaan dunia yang lebih kaya tersebut.

Pandangan cemerlang yang hebat merupakan kekuatan besar dibalik semua keberhasilan yang dicapai. Jika hal itu sepenuhnya dipahami dan digunakan, maka akan terbentang jalan yang boleh jadi mengherankan anda. Seperti melihat bintang pertama di malam hari. Saat melihatnya, anda tahu, itulah bintang yang pertama kali muncul di langit malam, dan setelah itu akan muncul banyak bintang.

Ketahuilah, sewaktu anda melihat adanya kemungkinan mempelajari suatu  keterampilan baru, anda melakukannya dan akhirnya anda pun menjadi terampil. Sekali anda menyadari bahwa anda mampu berbicara di hadapan banyak orang, dan mencoba melakukannya, pastilah anda akan berhasil. Tatkala gagasan memiliki rumah terlintas di benak, anda bersikap seolah rumah itu ada, sampai akhirnya rumah itu benar-benar ada.
Mari kita kelompokkan sekali lagi gagasan ini dengan menelaahnya berdasarkan sudut pandang negatif.

Tanpa pandangan yang cemerlang atas hidup yang lebih kaya, seseorang tidak mempunyai motif atau energi untuk mencarinya. Tak pelak, dia tidak akan mencari apa yang tidak dia sadari. Mustahil memburu sesuatu yang tak terpikirkan. Namun ketika seseorang sangat bergairah untuk memperoleh sesuatu, maka energinya bersatu mendapatkannya.

Kisah berikut ini bisa memperjelas uraian diatas :
Seorang penduduk Pennsylvania menggembalakan ternaknya sampai ke tempat yang jauh. Dengan harapan yang menggebu-gebu dia membangun peternakan di kaki gunung. Tetapi waktu itu musim kemarau. Ketika berkeliling mencari air segar dia melihat pemandangan yang amat indah. Sesuatu yang tak biasa menarik perhatiannya : sesuatu yang tak dia sadari sebelumnya. Dia mencoba melihat pemandangn itu lebih dekat. Dia menemukan ngarai tertutup. Separuh ngarai itu memutus jalan menuju gunung. Di lain pihak dia menemukan dunia baru : lembah dengan hamparan rumput hijau serta sungai yang memancarkan kilauan cahaya matahari.

Menerima Secara Mental

Pandangan yang cemerlang tentang sesuatu yang lebih baik kerap terjadi, entah saat itu anda berada di tempat kerja atau ketika sedang bekerja diluar ruangan. Pandangan yang cemerlang sering muncul mendadak, di waktu yang tak terduga, saat pikiran dalam keadaan tenang. Anda tiba-tiba saja tahu jawaban atas masalah yang sedang dihadapi, atau mendapat ilham untuk mewujudkan satu cita-cita baru.

Dr. Rollo May menggambarkan pengalaman menegangkan ini :
Dalam suatu waktu seseorang seolah berdiri di puncak gunung, dan melihat hidup dari sudut pandang yang luas dan tak terbatas. Dia merasa pandangannya menerawang ke bawah dan tergambarlah peta mental yang membimbing dirnya. Itulah fakta bahwa kita mempunyai pandangan yang memberi makna dan bimbingan kepada semua tindakan kita selanjutnya.

Anda barangkali terilhami oleh cerita sukses seorang pengusaha. Mungkin secara serta-merta tahu cara mengatasi masalah dengan hanya mendengar bagaimana tukang batu mengatasi masalahnya. Petualangan orang lain dapat mengilhami anda untuk melakukan petualangan sendiri.

Buat pikiran anda mau menerima pandangan yang cemerlang. “hanya orang-orang yang bersedia menerima impresi yang akan menerima impresi”(Paracelcus)

Agar perjalanan mereka menguntungkan, para raja Persia kuno hanya meminum air dari Sungai Choaspes, yang dibawa dalam mangkok perak. Air itu konon mengandung kekuatan ajaib yang mendatangkan kesuksesan. Demikian pula perjalanan kita membuahkan hasil yang bagus ketika membekali diri dengan prinsip berpikir yang benar.

Sumber : Buku Secrets of Mental Magic; Oleh :  Vernon Howard



Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya