Jadikan kewajiban Anda menjadi kesenangan

Posted by Unknown on Wednesday 30 March 2011


Apakah Anda tahu kewajiban kita yang sebenarnya? Kewajiban kita sebagai orang yang berpikiran dewasa ialah ingin diterima orang lain, dan untuk itu kita tidak perlu memaksakan sesuatu.


Ingat, kewajiban yang bermanfaat dalam hidup tidak pernah membosankan dan menyengsarakan. Anda ingin melakukannya! Lakukan sebagai satu kesenangan. Kalau bukan begitu, itu bukanlah kewajiban Anda.

Kewajiban kita ialah mencintai, menyukai kekuatan batin kita, menikmati kunjungan teman, membuang pikiran negative, menyukai segala hal yang menyenangkan. Robert Louis Stevenson menyadari rahasia itu ketika dia menulis, “Tak ada kewajiban yang begitu disepelekan selain kewajiban untuk menjadi bahagia.”


Tak diragukan lagi, Anda sudah mendengar nasihat ini ratusan kali : “Berbahagialah karena engkau sudah membahagiakan orang lain.” Itu tentu saja benar. Namun ada temuan baru hasil penelitian psikologi modern yang menegaskan bahwa prinsip tersebut menempatkan kita sebagai orang yang sudah mempunyai gerobak namun belum memiliki kuda. Rumusan ilmiah yang cocok adalah : “Untuk membuat orang lain bahagia, engkau harus bahagia terlebih dahulu.”

Orang-orang sering berkata kepada Vernon Howard, “Saya ingin merasa berguna, bermanfaat bagi orang lain. Saya ingin memberikan sesuatu yang berguna bagi orang disekitar. Tapi saya tidak tahu manfaat apa yang bisa saya berikan kepada orang lain.”

Saya (Vernon Howard)  bisa menjawab, “Manfaat terbesar yang bisa Anda berikan ialah kebahagiaan dan kedewasaaan diri. Manfaat yang coba Anda berikan kepada orang lain tanpa Anda bahagia terlebih dahulu akan menjadi sesuatu yang tidak alami dan terkesan dilakukan secara terpaksa. Dan lambat laun Anda bahkan akan membenci upaya Anda itu, Anda akan merasa itu adalah beban. Kalau Anda orang yang pada dasarnya baik, kebaikan Anda akan menumbuhkan perasaan bahagia. Kebaikan sejati tidak dapat dipisahkan diri kepribadian; ia mesti sejalan dengannya.”

Dengan menjadi orang yang berbahagia, Anda dengan sendirinya menguntungkan orang lain. Inilah yang dibutuhkan hidup ini; yaitu Menjadi orang yang benar-benar bahagia yang bisa membahagiakan orang lain.


Sumber Buku Secrets of Mental Magic; Oleh Vernon Howard






Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya