Mahkota Anda Adalah Kepercayaan Diri Anda

Posted by Unknown on Sunday 27 March 2011


Beberapa tahun silam terjadi hujan badai di spanyol. Berkat hujan badai itu, mahkota Raja Swinthila, penguasa Visigoth, ditemukan. Mahkota yang berharga itu terpendam selama 1.200 tahun.

Anekdot ini bermanfaat untuk mengingatkan bahwa mahkota anda, yaitu kepercayaan diri, tidak lama lagi akan Anda temukan.

Selanjutnya, mari kita lihat, hal baik apa saja yang dimiliki orang yang percaya diri. Dan untuk itu, saya kutipkan pendapat Dr. Erich Fromm :

Pencarian atas realitas dan penyingkapan ilusi tidak hanya menghasilkan wawasan dan pengetahuan, dan itu mengubah seseorang melalui proses. Matanya terbuka, dia terbangun, melihat dunia sebagaimana mestinya, dan dia terus-menerus mempelajari cara menggunakan dan mengembangkan kekuatan intelektual dan afektif nya untuk menghadapi realitas. Hanya orang-orang yang bisa membuka mata yang disebut realitas.

Kenyataan hidup adalah kemampuan untuk hidup dengan kepastian diri yang baru saja menyeluruh. Inilah kebenaran menyangkut diri Anda, terlepas dari apakah Anda percaya atau tidak. Ketidakpercayaan pada realitas tak akan mengubah atau menghancurkan realitas itu, tetapi sekadar menghambat kita untuk menyelami nya. Untuk mendapatkan kesadaran baru ini kita harus melewati tahapan-tahapan yang kelak membebaskan kita dari pemikiran yang tak realistis.

Jadi, singkatnya, sebagaimana tangan dan lengan Anda merupakan bagian alami dari tubuh Anda, kekuatan kepribadian Anda pun demikian. Kebanyakan orang tidak mengetahui cara mendapatkan kekuatan kepribadian tersebut karena sebab-sebab tertentu, padahal kekuatan kepribadian itu ada selamanya. Sebagaimana mahkota raja, kepercayaan diri memang selalu ada. Itu dapat diraih kapan saja Anda mau. Karena itu, berusahalah mulai sekarang!   


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya