Prediksi Anda tentang Pertandingan Final Euro2012 Spanyol vs Italia?

Posted by agus ariefandy on Saturday, 30 June 2012


prediksi-pertandingan-final-euro-2012

Prediksi Pertandingan Final Piala EURO 2012 -- Pertandingan Final Piala EURO 2012 banyak dinanti oleh para penggemar sepakbola didunia ini, apalagi para pendukung spanyol dan italia. Dan banyak yang memprediksikan final piala euro 2012 ini akan dimenangkan tim italia. Namun tidak untuk para pendukung spanyol, mereka tetap optimis dengan tim kesayangannya (spanyol). Sebelum Sobat Jiwaku memprediksikan pertandingan final euro ini, alangkah baiknya kita bahas dulu 12 fakta sejarah spanyol dan italia di Piala Eropa dahulu, monggo disimak :

12 Fakta Sejarah Spanyol dan Italia di Piala Eropa

1.Spanyol menjadi juara Piala Eropa untuk pertama kalinya tahun 1964 saat menjadi tuan rumah.Spanyol berhasil mengalahkan juara bertahan piala Eropa 1960 Uni Soviet (Piala Eropa 1964 merupakan debut Spanyol di Piala Eropa).

2.Di Piala Eropa 1968 yang di gelar di Italia, Spanyol gagal mempertahankan gelar juara mereka setelah di kandaskan Inggris diperempat final dengan agregat 3-1. Itali mengikuti jejak Spanyol yang menjuarai Piala Eropa saat mereka menjadi tuan rumah.

3. Piala Eropa 1972, Spanyol gagal lolos dari fase group setelah kalah bersaing dengan Uni Soviet (pada Piala Eropa 1972 hanya juaragrup yang berhak lolos ke babak selanjutnya). Sedangkan Italia berhasil lolos hingga babak perempat final.Langkah Italia terhenti olehtuan rumah Belgia. Jerman (waktu itu masih Jerman Barat) menjadi kampiun setelah di partai final mengalahkan Uni Soviet.

4.Piala Eropa 1976 yang dihelat di Yugloslavia Spanyol berhasil melenggang hingga partai pereempat final sedangkan Italia gagal lolosdari fase group.Langkah Spanyol di perempat final terhenti oleh Juara bertahan Jerman dengan skor telak 3-1.

Jerman berhasil menginjakpartai final untuk kedua kalinya secara beruntun namun sayang, 'Die Mannschaft' gagal mempertahankan gelar juara setelah di partai puncak dikalahkanCekoslovakia lewat adu penalti.

5.Di perhelatan Piala Eropa yang keenam (1980) di Italia, sistem yang digunakan adalah dua grup, dimana Juara berhak melajuke partai final dan runner up bersaing untuk memperebutkan tempat ke tiga.

Spanyol dan Italia masuk di Grup B, bersama Belgia dan Inggris. Italia gagal menembus partai final karena hanya menjadi runner up di grup ini. Nasib Spanyol lebih tragis, menjadi juru kunci karena hanya mampu bermain seri melawan Italia dan sisanya kalah oleh Inggris dan Belgia. Jerman pun berhasil menjadi raja Eropa dengan mengandaskan Belgia.

6.Piala Eropa 1984 yang di gelar di Perancis, Italia gagal menembus fase kualifikasi sedangkan Spanyol melenggang ke putaran final dengan label juara grup.Langkah 'La Furia Roja' tak terbendung dengan tidak terkalahan hingga partai puncak. Namun Spanyol harus mengakui kekuatan Perancis yang pada masa itu diperkuat oleh pemainterbaik Eropa Michel Platini. Platini berhasil mencetak rekor pencetal gol terbanyak sepanjang masa untuk kompetesi ini dengan torehan sembilan gol.

7.Italia dan Spanyol kembali bertemu dalam satu grup pada Piala Eropa 1988 yang di gelar di Jerman. 'Azzurri' berhasil menggulung Spanyol dengan skor tipis 1-0.Italia meraih runner up grup sedangkan Spanyol harus puas di tempat ke 3 dan gagal melaju ke fase selanjutnya. Langkah Italia harus terhenti di babak semifinal setelahgagal membendung tim kuat Uni Soviet pada Piala Eropa 1988 ini.

8.Piala Eropa 1992 di Swedia menjadi mimpi buruk bagi Italia dan Spanyol, dimana ke dua negara tersebut gagal menembus putaran final. Spanyol gagal bersaing denganPerancis dan Cekoslovakia, sedangkan Italia langkahnya terhenti oleh Uni Sovie dan Norwegia.

9. Inggris 1996 menjadi mimpi buruk bagi Italia yang gagal lolos dari fase group setelah gagal bersaing dengan Cekoslovakia dan Jerman. Spanyol sedikit lebih beruntung dari Italia, menjadi runner up groupdan lolos ke perempat final. Sayang, di perempat final, Spanyol harus mengakui keunggulan tuan rumah Inggris yang diperkuat oleh striker terbaik sepanjang masa mereka Alan Shearer.

10.Piala Eropa 2000 merupakan Piala Eropa pertama kali yang di gelar di dua negara. Belgia dan Belanda didaulat sebagai tuan rumah bersama Piala Eropa 2000. Italia tampil mengesankan hingga berhasil menembus partai final sedangkan Spanyol hanyamampu menembus perempatfinal. Italia dan Spanyol sama-sama menelan kekalahan dari Perancis, yang kemudian keluar sebagai juara lewat gol emas David Trezeguet.

11.Piala Eropa 2004 Portugal, Italia dan Spanyol sama-sama gagal menembus fase penyisihan grup. Spanyol gagal bersaing dengan Portugal dan Yunani, sedangkan Italia gagal melewati hadangan Swedia dan Denmark. Yunani, yang sama sekali tak diunggulkan, keluar sebagai juara.

12. Piala Eropa 2008 kembali di gelar di dua negara, Austria dan Swiss. Spanyol dan Italia bertemu di perempat final. Spanyol berhasil lolos ke semifinal setelah menang adu pinalti. langkah Spanyol tak terbendung hingga partai final berhasil mengalahkan tim unggulanJerman. Spanyol berhasil mengangkat Trofi Piala Eropa untuk kedua kalinya .

Nah setelah membaca 12 Fakta Sejarah Spanyol dan Italia di Piala Eropa, mari silahkan anda Prediksi Pertandingan Final Euro 2012. Dengan mengisi tim mana yang akan menang dan berapa skor nya dengan mengisi kolom komentar dibawah.  Selamat berprediksi ria, tapi tetap berpositif ria dan damai ya dalam berkomentar.


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya