Tips Menjadi atau Memilih Pemimpin Teladan dan Berprinsip

Posted by agus ariefandy on Saturday, 30 June 2012


pemimpin-teladan-dan-berprinsip

Pemimpin Teladan dan Berprinsip -- Setiap orang yang telah diciptakan oleh Sang Penguasa tentunya mempunyai jiwa kepemimpinan, baik itu seorang yang mempunyai kedudukan tinggi maupun berkedudukan rendah sekalipun pasti mempunyai yang namanya “jiwa kepemimpinan”, baik itu memimpin jiwa sebagai makhluk yang bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri (pribadi) maupun bagi seorang yang mempunyai banyak pengikut.

Memiliki Pemimpin Teladan dan Berprinsip adalah impian seluruh masyarakat. Dan Memang sulit untuk menjadi seorang pemimpin, tetapi banyak orang yang memperebutkannya. Mereka memperebutkan  tanpa memikirkan tanggung jawab yang akan diemban. Tetapi jangan takut, Beranilah untuk menjadi seorang pemimpin, karena potensi pemimpin ada dalam diri kita masing-masing dan berlombalah untuk menjadi yang terbaik dalam kepemimpinan. Beranilah untuk memegang suatu tanggung jawab, dengan itu, kita akan dapat melihat apa dari dalam diri kita yang harus kita perbaiki dan apa pula yang harus kita berikan untuk kebaikan orang lain.

Secara sederhana pemimpin sejati adalah mereka-mereka yang memiliki kemampuan menjelajahi hati pengikutnya. Hal itu ditandai dari kepemimpinannya yang apabila makin menempati posisi-posisi tinggi, maka semakin tinggi pula kearifannya. Pemimpin semacam ini akan mampu membangkitkan kesadaran orang-orang yang dipimpinnya. Sehingga dengan kepemimpinannya akan membuat mau orang-orang yang dipimpinnya.

Adapun untuk memahami ini perlu diyakini bahwa bakat kepemimpinan itu sebenarnya tidak dilahirkan. Bakat tersebut muncul melalui keterampilan yang terus diasah dan ditumbuhkembangkan. Memang ada pemimpin yang hanya fasih berbicara. Namun sebelumnya, kalau ia tidak memiliki ilmu, ia tidak sering berlatih, maka bisa jadi kata-katanya terpeleset pada kesalahan. Begitu juga kalau ada seorang pemimpin yang berani. Kalau tidak sering-sering dilatih, maka keberaniannya suatu saat akan banyak berbuah kezaliman. Kita bisa lihat gaya kepimimpinan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dengan kesederhanaan dan kebijakannya dalam memimpin. 

Berikut Lima ciri Pemimpin Teladan dan Ciri-Ciri Pemimpin Berprinsip :

Lima Ciri Pemimpin Teladan

*) Memiliki visi yang jelas dan mampu memotivasi dan menyemangati diri sendiri dan bawahannya untuk mewujudkan visi itu.

*) Memiliki kemampuan untuk beradaptasi.

*) Memiliki kemampuan untuk bekerja sama/melibatkan orang lain untuk mencapai visi.

*) Menjadi panutan moral dan suri tauladan.

*) Selalu semangat dan tidak mudah menyerah.

Ciri-Ciri Pemimpin Berprinsip :

*) Keteladan, pemimpin dapat menjadi teladan sesuai dengan visi & misi organisasi yang dipimpin.

*) Terus Belajar, pemimpin mau belajar dari hidupnya, belajar dari pengalaman, mendengarkan orang lain, dan meningkatkan ketrampilan dan minat baru.

*) Motivator, pemimpin mampu memberikan motivasi pada diri maupun orang lain.

*) Berorientasi pada pelayanan. Ukuran keberhasilannya adalah bagaimana mereka bisa menolong orang lain, melayani orang lain, mau menerima tanggung jawab moral dsb.

*) Memancarkan energi positif.  Secara fisik memiliki air muka yang menyenangkan, optimis, positif, bergairah, antusias, penuh harap, mempercayai. Memancarkan energi yang positif yang dapat mempengaruhi orang-orang sekitarnya. Dengan energi itu selalu tampil sebagai penengah sehingga bila terjadi energi negatif bisa merubahnya menjadi lebih positif.

*) Mempercayai orang lain. Yakin bahwa orang lain memiliki potensi, bila tampak kelemahan-kelemahan orang lain, mereka tidak berespon secara berlebihan. Mereka tidak merasa hebat saat menemukan kelemahan orang lain.

*) Hidup seimbang.  Sadar dan penuh pertimbangan dalam tindakan, membuat diri seimbang, tidak berlebihan, mampu menguasai diri, bijak, jujur pada diri sendiri, mau mengakui kesalahan dan melihat keberhasilan sebagai hal yang sejalan dan berdampingan dengan kegagalan.

*) Mau bersinergi. Penggerak perubahan, setiap situasi yang dimasuki selalu diupayakan menjadi lebih baik. Selalu produktif dalam cara-cara baru dan kreatif. Dalam bekerja selalu menawarkan pemecahan masalah yang bersinergi, pemecahan yang memperbaiki dan memperkaya hasil, bukan sekedar kompromi dimana masing-masing pihak hanya memberi dan menerima sedikit.

*) Berlatih untuk memperbaharui diri. Secara teratur melatih untuk mengembangkan diri, memperbaharui diri menjadi pribadi yang sehat dan kuat secara fisik, mental, emosi dan spiritual.

*) Fasilitator. Mampu memfasilitasi untuk terjadinya perubahan.

*) Pengemban Amanah Dapat mengemban amanah dari Allah disertai tanggung jawab yang besar.

*) Berpegang pada keimanan. Ketika  mengendalikan segala urusannya berpegang pada perintah dan larangan yang KUASA.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang belajar untuk menjadi seorang pemimpin ataupun sudah menjadi pemimpin, dan tentu nya untuk anda yang sedang mencari dan memilih seorang pemimpin. Sekian artikel tentang Tips Menjadi atau Memilih Pemimpin Teladan dan Berprinsip.


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya