Lima Cara Terbebas dari Stroke

Posted by agus ariefandy on Thursday, 5 July 2012


Lima Cara Terbebas dari Stroke – Hal Yang terpenting agar tidak terserang penyakit stroke adalah mencegahnya. Stroke merupakan momok yang menakutkan. Selain dapat menyebabkan kematian, bila tertolong pun stroke dapat menyebabkan berbagai kecacatan tubuh. Sebelum mengeahui Lima Cara Terbebas dariStroke, Baiknya kita lebih baik cek dulu, siapa saja orang-orang yang berisiko terkena stroke.

"Stroke memang punya cukup banyak faktor risiko, faktor risiko ini ada yang tidak bisa dimodifikasi tapi ada yang bisa dimodifikasi," ujar Dr Manfaluthy Hakim, SpS(K) dari departemen neurologi FKUI.

lima-cara-terbebas-dari-stroke

Dokter yang akrab disapa Luthy ini menjelaskan faktor risiko dari stroke yang tidak bisa dimodifikasi yang membuat seseorang berisiko kena stroke yaitu:

1.Umur terutama yang berusia 55 tahun ke atas

2.Jenis kelamin laki-laki umumnya risikonya lebih besar meski belum diketahui penyebabnya secara pasti

3.Jika ada riwayat dalam keluarga seperti saudara, kakek nenek atau orangtua yang memiliki hubungan darah yang pernah mengalami stroke atau penyakit jantung maka risikonya lebih besar.

"Kalau punya faktor-faktor ini harus hati-hati dan harus bisa menjaga diri salah satu pencegahannya dari faktor risiko yang bisa dimodifikasi," ujar dr Luthy yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada 1989.

Dan untuk anda yang tidak memiliki 3 faktor doatas, ada baiknya Anda melakukan cara-cara agar terbebas dari ancaman stroke.

Berikut Lima Cara Terbebas dari Stroke :


1. Makan dengan gizi seimbang

Karena stroke berhubungan dengan diabetes, hipertensi, hiper-kolesterol, hiperlipidemia, yang kesemuanya berhubungan dengan metabolisme dan makanan. Untuk menghindarinya makanlah makanan dengan gizi seimbang, dengan cukup karbohidrat, protein, lemak dan vitamin mineral.

Kebutuhan makanan juga perlu disesuaikan dengan usia, aktivitas fisik dan berat badan.

2. Aktif dan banyak bergerak

Olahraga teratur yang bersifat aerobik terbukti membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin sehingga terhindar dari diabetes, meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari adalah cara yang ampuh untuk terbebas dari stroke. Tak perlu berat-berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti lari pagi, berenang, aerobik atau hanya jalan-jalan kecil keliling kompleks.

3. Perbanyak sayur dan buah

"Sayur dan buah itu mengandung semua yang dibutuhkan, terutama kalium yang dapat menurunkan tekanan darah, juga serat. Kita selalu mengimbau orang-orang untuk memperbanyak makan sayur dan buah," jelas dr Darma, yang juga dokter di RS Islam Jakarta. Salah satu cara cegah stroke dengan mengkonsumsi buah pisang, anda bisa baca artikel lengkapnya disini.

4. Berhenti merokok

Merokok terbukti meningkatkan risiko stroke dan gangguan pembuluh darah lainnya 2-3 kali lipat. Hal ini menjadi lebih nyata pada penderita hipertensi dan diabetes. Merokok menimbulkan pengerasan pembuluh darah dan memicu timbunan plak dalam pembuluh darah. Hal ini terbukti bagi perokok aktif maupun pasif.

Bila Anda tak diserang stroke, maka hentikan kebiasaan merokok dan jauh-jauhlah dari asap rokok.

5. Hindari stres

Stres terbukti meningkatkan tekanan darah, memperburuk sensitivitas insulin dan merangsang sistem saraf simpatis. Hal ini dapat berujung pada munculnya hipertensi dan diabetes. 

Beberapa penelitian mengkonfirmasi bahwa stress akan meningkatkan risiko stroke 2-3 kali lipat. Luangkan waktu anda untuk olahraga ringan, membaca buku, mendengarkan musik dan berkumpul bersama teman.

"Yang paling penting masyarakat tahu apa saja faktor risiko dari stroke, karena lebih baik mengendalikan faktor risiko ini daripada mengalami stroke," ujar Dr Luthy.

Dr Luthy menyarankan jika punya hipertensi sebaiknya kontrol secara teratur dan minum obat, kalau merokok segera berhenti, obesitas sebaiknya lakukan diet yang benar hingga bisa dapat berat badan ideal. Pola makan juga perlu diatur dengan banyak serat dan mengurangi lemak, lakukan olahraga secara teratur, kalau ada riwayat diabetes harus diperhatikan dan dijaga dengan baik. sekian artikel tentang Lima Cara Terbebas dari Stroke, semoga bermanfaat.


Follow Jiwaku On

Masukkan Email Anda dan Dapatkan Update Berita Jiwaku :

Baca Artikel Lainnya